5 Rekomendasi Channel Youtube yang Inspiratif

Bagikan Postingan Ini

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on email

Fase kehidupan terkadang akan membawa kita pada lekukan terdalam dari sebuah pengalaman pahit yang tak terduga. Jika hal tersebut merupakan pilihan hidup, pasti tidak akan ada yang memilihnya, sangat utopis bukan? Salah satu cara untuk menghadapinya ialah dengan berdoa dan mencurahkan cerita ke orang terdekat. Namun, bagaimana ketika orang-orang yang kita harapkan kehadirannya belum sempat menemui kita?

Salah satu caranya ialah dengan menyaksikan tayangan inspiratif dan menerapkannya pada kehidupan kita. Mengutip jurnal penelitian yang berjudul Effects of Video, Priming, and Music on Motivation and Self-Efficacy in American Football Players

“…our meta-analysis suggests that mood induction by film clips is a highly effective method to generate negative and positive affective reactions. All the effect sizes on mood induction using film clips, both in terms of valence and arousal, were large, ranging between -1.22 and -1.77. [1]

Penelitian tersebut menemukan bahwa tayangan akan mempengaruhi motivasi diri dan self-efficacy atau yang lebih kita kenal dengan kemampuan diri sendiri. Nah salah satu media tayangan edukatif dan inspiratif yangtersedia ialah platform youtube, dibawah ini merupakan kanal youtube dengan konten inspiratif dan semoga akan membuat hari kalian lebih bersemangat!

1. Pecah Telur

Meskipun tergolong baru terhitung sejak artikel ini dibuat, kanal Pecah Telur telah terbukti memberikan konten-konten terbaiknya. Spesialisasi dari kanal youtube ini ialah konten inspiratif yang berasal dari perjuangan-perjuangan pengusaha sebelum se-mapan atau se-berhasil sekarang. Kalian tahu waralaba atau franchise Ayam Goreng Nelongso? Nah, di kanal ini perjuangan pemilik usaha Ayam Goreng Nelongso sebelum terkenal juga dimuat di dalamnya. Sangat cocok untuk kalian yang sedang merintis bisnis dan membutuhkan semangat!

2. Satu Persen

Satu Persen, merupakan kanal youtube yang jika dilihat secara umum, akan berfokus pada pembahasan untuk menghadapi quarter life crisis. Ketakutan karena hadirnya media sosial, cukup banyak dibawah dalam kanal ini. Hingga artikel ini ditulis, subscriber Satu Persen hampir mencapai 2 juta

3. Agus Leo Halim

Kanal ini mendeklarasikan dirinya sebagai konten kreator yang membahas segala hal yang berkaitan dengan produktivitas kreatif. Meskipun awalnya kanal youtube ini berisi konten vlog, namun karena prosesnya yang senantiasa meningkatkan kompetensi diri sebagaimana konten-kontenya, akhirnya Agus Leo Halim membagikan kisah-kisah inspiratif dari buku-buku yang dibacanya. Jadi, untuk kalian yang gemar membaca buku tapi masih ragu isinya, sangat tepat sekali jika menonton di kanal youtube ini dahulu.

4. Success Before 30

Tak hanya memberikan konten inspiratif di dalamnya, kanal youtube ini juga memberikan konten peningkatan kualitas public speaking, hal inilah yang membedakannya dari kreator lain dalam daftar ini. Konten inspiratif disajikan bukan hanya narasi, pula melalui podcast dengan narasumber secara langsung. Memang, karena Chandra Putra Negara (pemilik kanal youtube ini) menulis buku sehinnga konten-kontenya pun beberapa merupakan isi dari buku yang ditulisnya.

5. Dr. Indrawan Nugroho

Untuk kalian mencari inspirasi bisnis sekaligus perkembangan teknologi, kanal youtube ini menyuguhkan insight tokoh-tokoh yang melakukan gebrakan bisnis teknologi. Penyampaian dengan ciri khas penekanan intonasi oleh Dr. Indrawan akan memberikan kesan yang tak mudah dilupakan, sehingga mungkin hal tersebut mampu membantu kalian mengingat poin-poin penting yang disampaikan ya!

Diatas tadi merupakan 5 kanal youtube yang inspiratif, bagaimana menurut kalian? Apakah ada youtuber lain yang patut masuk ke dalam list? Tulis di kolom komentar yaa!


[1] Joseph A. Pettit and Costas I. Karageorghis, “Effects of Video, Priming, and Music on Motivation and Self-Efficacy in American Football Players,” International Journal of Sports Science and Coaching 15, no. 5–6 (2020): 685–95, https://doi.org/10.1177/1747954120937376.

Tinggalkan Komentar pada Artikel Ini

Berikan respon dan tanggapan anda

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Tinggalkan Komentar pada Artikel Ini

Berikan respon dan tanggapan anda

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!